Melonjaknya Biaya Logistik dan Armada? Untuk Penghematan Ikuti Langkah Berikut

Advertisement
Tahukah Anda bahwa salah satu pilar yang paling kokoh bagi pertumbuhan perusahaan adalah logistik. Efisiensi dan inovasi di bidang ini telah terbukti secara signifikan meningkatkan keuntungan operasional dan mengurangi kerugian.


Untuk bersaing secara optimal, perusahaan juga harus dapat memastikan produksi yang efisien dan penyampaian layanan yang berkualitas. Bagi konsumen, jelas bahwa logistik yang efisien dapat mengurangi jumlah barang yang menguntungkan konsumen.

Biaya eceran barang secara eceran disumbangkan oleh biaya logistik. Persentasenya sangat besar sehingga pengusaha logistik kesulitan menemukan cara untuk membuat sistem manajemen armada mereka lebih efisien sekaligus menjaga agar bisnis mereka tetap berjalan.


Tunggu jangan pusing! Untuk setiap soal pasti ada triknya. Kali ini kami telah merangkum beberapa cara untuk meningkatkan efisiensi logistik perusahaan!

1. Jangan terjebak dengan satu pemasok
Salah satu cara untuk meningkatkan efisiensi logistik perusahaan adalah dengan tidak terpaku pada satu pemasok saja. Metode ini terbukti hemat biaya. Jika Anda hanya fokus pada satu pemasok, Anda tidak punya pilihan selain menerima harga yang mereka tawarkan. Meski belum tentu hasilnya sepadan dengan kondisi pasar dan daya beli masyarakat. Ketika Anda membeli bahan baku dengan harga tinggi, nilai produksi dan harga jual akan meningkat.

Tetapi ketika Anda memiliki lebih dari satu pemasok, Anda memiliki banyak pilihan harga. Ini akan menimbulkan efek kontes kecantikan, jadi tidak ada spekulasi. Dengan cara ini, Anda bisa membeli bahan dalam jumlah besar dengan harga murah, sedangkan saat harga naik, Anda bisa membeli bahan dalam jumlah sedikit.

2. Menggunakan sistem paperless
Ada banyak aspek manajemen logistik yang dapat dilakukan dengan sistem otomatis dan paperless. Contoh paling sederhana adalah melacak pengiriman yang dilakukan dari gudang perusahaan ke distributor.

Selain menghemat biaya kertas, sistem paperless dapat mengurangi kesalahan yang disebabkan oleh kesalahan atau human error lainnya. Saat itu, data yang diperoleh juga lebih realistis karena selalu diperbarui. Selain itu, deteksi dan penyelesaian masalah juga menjadi lebih mudah dilakukan.

3. Menghemat biaya pengiriman
Selanjutnya, cara Anda dapat meningkatkan efisiensi logistik perusahaan Anda adalah dengan mengurangi biaya pengiriman. Ini penting agar Anda dapat mengalokasikan modal ke area lain di perusahaan.

Ada beberapa saran yang dapat Anda gunakan untuk menghemat biaya pengiriman, seperti bereksperimen dengan paket yang lebih kecil, berinvestasi pada kendaraan hemat bahan bakar, mengemas secara efisien, menerapkan strategi pemuatan, dll. Rencanakan rute pengiriman terbaik untuk menghemat waktu dan uang, gunakan mobil persewaan untuk tim logistik perusahaan, dan membeli bahan bakar yang irit.

Meningkatkan efisiensi kegiatan logistik perusahaan merupakan salah satu upaya untuk mendukung operasional perusahaan secara lebih efektif. Manfaatnya tidak main-main, selain meningkatkan efisiensi biaya operasional, efisiensi logistik juga dapat meningkatkan keuntungan perusahaan. Jadi, apakah Anda siap meningkatkan efisiensi logistik perusahaan Anda?

Tags :

Related : Melonjaknya Biaya Logistik dan Armada? Untuk Penghematan Ikuti Langkah Berikut