Tips Merawat Jaket Kulit Supaya Awet Lama

Advertisement

JURAGANKATA.COM - Cara merawat jaket kulit agar mengkilat, lentur, tidak berjamur, tidak berbau, apapun jenis kulitnya, baik itu kulit garut asli, sapi atau kambing. Jika Anda memiliki jaket kulit asli hitam (baru atau bekas), bukan sintetis/tiruan agar tidak kusut.

Salah satu tips perawatannya adalah dengan menyimpan jaket kulit di lemari yang kering dengan udara segar dan digantung. Jika Anda memiliki jaket kulit pria atau wanita dengan model terbaru yang harganya mahal, maka Anda perlu mengetahui cara merawat jaket kulit yang benar.

1. Jangan Gunakan Mesin Cuci
Penting untuk mengetahui cara mencuci jaket kulit yang benar agar jaket menjadi lebih awet (lebih awet). Apapun bahan jaket kulit Anda (domba, sapi, kambing), jangan gunakan mesin cuci seperti yang Anda lakukan dengan jeans atau pakaian biasa. Oleh karena itu, mencuci jaket kulit di mesin cuci bukanlah hal yang tepat untuk dilakukan.

2. Hindarkan Dari Benda Tajam
Segera bersihkan tumpahan cairan (kopi, minyak, minyak, dll.) pada permukaan jaket kulit dengan kain lembut. Kulit asli berpori dan akan menyerap cairan sehingga menimbulkan noda. Permukaan jaket kulit juga bisa tergores (tergores), jadi jauhkan dari benda tajam.

3. Cuka dan Air
Bahan lain yang bisa Anda jadikan sebagai cairan pembersih jaket kulit adalah cuka dan air. Buat campuran cuka dan air dengan perbandingan satu banding satu (cuka: air = 1: 1). Gunakan kain bersih, celupkan ke dalam larutan dan usapkan pada jaket kulit Anda. Kemudian keringkan jaket kulit dengan handuk.

4. Jangan Gunakan Pemutih atau Amonia Saat Mencuci
Jangan gunakan pembersih atau pemutih berbahan dasar amonia untuk membersihkan jaket kulit. Bahan kimia ini dapat menyebabkannya menjadi sangat kering bahkan pecah-pecah. Jangan menggunakan terlalu banyak air saat mencuci karena air dapat menodai jaket kulit Anda.

5. Cara Mencuci Jaket Kulit
Berikut tips perawatan jaket kulit sederhana lainnya yang bisa Anda terapkan di rumah. Jika bagian dalam (suede) atau outer jacket menjadi kusam, Anda bisa memoles jaket kulit dengan baby oil atau hand body lotion. Jangan mencuci jaket kulit dengan deterjen atau pemutih. Selanjutnya Enjoy Leather, coba jelaskan perawatan lengkap jaket kulit (leather jacket).

Anda bisa membersihkan jaket kulit di rumah dan menjaganya agar tetap mengkilap tanpa harus membayar dry cleaner. Berikut beberapa tips mencuci jaket kulit yang dikutip di diynetwork.com.

6. Gunakan Cairan Perawatan Jaket Kulit
Untuk membersihkan Jaket Kulit Asli Garut, campurkan air hangat dan sabun cuci piring hingga menjadi larutan yang homogen. Selanjutnya, celupkan kain lembut ke dalam campuran, peras, dan usap jaket dengan lembut. Mudah bukan membuat cairan perawatan jaket kulit?

Daftar Bahan dan Cara Merawat Jaket Kulit
Bahan dan cairan untuk menghilangkan noda pada jaket kulit. Gunakan salah satu dari berikut ini sebagai penghilang noda untuk jaket kulit.

1. Penghapus Cat Kuku
Noda tinta pada jaket kulit dapat dibersihkan dengan kapas yang dicelupkan ke dalam penghapus cat kuku. Jangan menggosok noda karena ini akan menyebarkan tinta. Usap perlahan dengan kapas hingga noda hilang. Lap dengan kain lembab bersih dan handuk kering.

2. Pasta Gigi
Oleskan pasta gigi ke jari Anda, lalu gosokkan ke noda di jaket kulit Anda. Gosok perlahan dengan kain lembut hingga noda hilang. Jangan menggosok dengan sikat (gosok) karena dapat menggores atau menghitamkan jaket kulit (discolor). Bersihkan pasta gigi dengan kain bersih dan lembab.

Related : Tips Merawat Jaket Kulit Supaya Awet Lama