Tips Biaya Liburan Agar Lebih Terencana

Advertisement

JURAGANKATA.COM - Sering kali, Anda perlu merencanakan perjalanan yang menyenangkan bersama keluarga selama musim Natal. Namun, terkadang rencana tersebut hanyalah sebuah pidato tanpa keberadaan yang nyata. Hal ini mungkin karena masalah biaya yang cenderung meningkat saat liburan tiba. Harga tiket dan akomodasi naik dua kali lipat dibandingkan hari-hari biasa.

Ada baiknya untuk selalu merencanakan pengeluaran liburan Anda jauh-jauh hari. Saat dana aman, Anda tinggal menentukan destinasi, seperti Pulau Mandeh di Sumatera Barat. Langkah pertama saat merencanakan anggaran liburan, ada baiknya Anda terlebih dahulu membuat checklist biaya sebagai berikut.

1. Aktivitas di Tempat Wisata
Apa yang dapat mempengaruhi biaya liburan pulau Maladewa adalah aktivitas perjudian yang ingin Anda lakukan. Aktivitas pantai yang menyenangkan seperti snorkeling atau scuba diving jelas membutuhkan dana tambahan yang lebih banyak.

Hal ini berbeda jika Anda membatasi aktivitas liburan, seperti bermain pasir atau sekedar menikmati pemandangan laut yang indah. Apapun itu, jangan sampai kegiatan ini tidak mendapat perhatian maksimal jika ingin dana liburan Anda tidak membengkak. Jika terlalu jauh, Anda pasti akan pusing dengan tagihan yang berlipat ganda setelah kembali dari liburan panjang.

2. Souvernir
Khusus untuk souvenir atau oleh-oleh, tidak ada salahnya menyiapkan budget sendiri. Anda pasti tidak ingin tergila-gila membeli oleh-oleh khas dari pulau Mandeh, Sumatera Barat atau Maladewa untuk menyenangkan semua kerabat atau kolega Anda. Pastikan saja Anda memiliki dana yang cukup untuk membeli oleh-oleh karena membawa barang yang terlalu banyak juga akan membebani biaya bagasi Anda nantinya, lho!

Selain keempat hal prioritas tersebut, Anda harus selalu menyiapkan rencana anggaran untuk pengeluaran lainnya. Tentunya ada pengeluaran lain yang perlu dimasukkan dalam dana cadangan ini seperti biaya parkir, biaya masuk tempat wisata, dll. Rencana liburan yang terakumulasi dengan baik setidaknya akan membantu Anda menyiapkan dana liburan yang tepat. Jangan sampai menguras semua tabungan Anda dan berakhir dengan tagihan yang terlambat di akhir bulan.

3. Akomodasi Penginapan
Tanyakan pada diri Anda atau orang yang akan Anda ajak berlibur tentang akomodasi yang Anda inginkan! Di hotel mana Anda ingin menginap? Tentunya harga hotel atau resort di Pulau Mandeh Sumatera Barat lebih mahal dibandingkan booking resort berkelas di Maladewa. Namun, Anda juga bisa melakukan trik efektif untuk menekan biaya menginap di hotel ini. Caranya adalah rajin mengikuti promosi harga penginapan, mencari kupon di berbagai situs deal online, dan lain sebagainya.

4. Transportasi dan Makanan
Biaya liburan pulau Maladewa tentu tidak sedikit mengingat Anda akan menggunakan perjalanan udara antar negara. Lokasi Maladewa cukup jauh dari Indonesia karena berada di negara Maladewa yang terletak di Samudera Hindia. Anda harus memperhitungkan harga tiket pesawat yang akan naik saat sesi liburan tiba. Ada baiknya jika Anda rajin mencari harga promosi dan memesan tiket pesawat jauh-jauh hari.

Untuk urusan makanan, Anda juga diharuskan menyiapkan dana khusus. Harga makanan di tempat wisata bisa lebih mahal. Anda harus selektif dalam memilih jenis makanan yang ingin disantap jika ingin menghemat budget, kan!

Dana liburan yang dipersiapkan dengan matang akan membuat liburan Anda semakin menyenangkan. Tidak lagi pusing memikirkan biaya liburan ke pulau Maladewa yang memusingkan atau untuk bisa menikmati indahnya sunset dengan tenang di Pulau Mandeh, Sumatera Barat. Yuk, kelola gajimu sekarang juga agar bisa liburan bersama keluarga tercinta tanpa khawatir masalah biaya!

Tags :

Related : Tips Biaya Liburan Agar Lebih Terencana