Tips Agar Mesin Cuci Awet Lebih Lama

Advertisement

JURAGANKATA.COM - Menggunakan mesin cuci sangat membantu Anda mengerjakan pekerjaan rumah. Namun, jika Anda tidak menggunakannya sesuai aturan, akan sangat sering melakukan servis mesin cuci. Tidak hanya itu, menggunakan mesin cuci yang tidak sesuai aturan juga akan mempercepat umur mesin cuci itu sendiri.

Lalu bagaimana cara merawat mesin cuci agar awet? Berikut beberapa tips untuk merawatnya.

1. Jangan Terlalu Banyak Menggunakan Deterjen
Jika Anda berpikir bahwa menggunakan deterjen terlalu banyak akan membuat pakaian Anda lebih bersih, ini salah. Menggunakan deterjen terlalu banyak justru akan berdampak buruk bagi mesin cuci Anda.

Jika Anda tidak menggunakan jumlah tersebut dalam penggunaan deterjen, pakaian yang Anda miliki bisa cepat rusak dan tentunya juga akan menurunkan kinerja mesin cuci Anda. Jadi tentunya Anda harus menggunakan jasa service mesin cuci jika mesin cuci Anda tidak bekerja dengan normal.

2. Jangan Meninggalkan Pakaian Di Mesin Cuci Terlalu Lama
Ketika kesibukan Anda menghalangi aktivitas Anda di sekitar rumah, terutama laundry, tentunya Anda akan meninggalkan pakaian kotor di mesin cuci. Ternyata hal ini justru akan mempercepat kerusakan mesin cuci Anda. Ini akan membuat mesin pakaian Anda berjamur dan bau. Dan mesin cuci Anda cepat rusak karena ini juga.

3. Jangan Memakai Terlalu Banyak Pakaian
Menempatkan cucian terlalu banyak akan menghambat putaran mesin cuci. Sebaiknya jangan terlalu banyak menaruh pakaian, karena jika terlalu banyak, mesin cuci Anda tidak akan bisa berputar secara maksimal. Untuk menghindarinya, Anda harus benar mengenali kapasitas mesin cuci yang Anda miliki.

Saat Anda memasukkan terlalu banyak pakaian ke dalam mesin cuci, pakaian yang Anda cuci tidak akan dibersihkan karena mesin cuci Anda tidak berputar bebas. Selain itu juga akan ada suara mendengung saat Anda memakai terlalu banyak pakaian, hal ini terjadi karena mesin cuci tidak kuat dengan beban yang sedang diinput.

4. Bersihkan Filter Secara Teratur
Jika Anda ingin mesin cuci Anda bertahan lebih lama, Anda juga harus merawatnya dengan benar. Salah satunya Anda harus membersihkan filter secara rutin minimal setiap 2 hari sekali.

Hal ini harus dilakukan agar bak mesin cuci Anda tetap bersih dan pakaian di dalam mesin cuci tidak kotor akibat kotoran yang ada di filter mesin cuci.

Berikut tips merawat mesin cuci agar awet. Jika mesin cuci Anda tahan lama, Anda juga tidak perlu mengeluarkan uang untuk memanggil layanan mesin cuci, bukan? Namun, jika suatu saat mesin cuci Anda perlu diperbaiki, Anda juga dapat mengundang penyedia layanan ke rumah Anda, seperti jasa service sekitar yang dapat Anda gunakan dan percayai.

Related : Tips Agar Mesin Cuci Awet Lebih Lama