Makanan Yang Sesuai Buat Ibu Menyusui

Advertisement

JURAGANKATA.COM - Sama halnya ketika Anda sedang hamil, Anda perlu memahami pentingnya DHA bagi ibu hamil dan janin. Ibu menyusui juga harus dapat memberikan nutrisi yang baik untuk dirinya dan bayinya. Tentunya dengan memperhatikan asupan makanan yang ibu konsumsi. Tentunya harus mengandung nutrisi dan gizi yang baik.

Berikut ini adalah beberapa makanan yang dianjurkan bagi ibu menyusui untuk memenuhi kebutuhan gizi ibu dan bayi, di antaranya:

1. Telur dan Ikan
Selain karbohidrat, ibu menyusui juga membutuhkan protein yang berperan penting dalam perkembangan otak bayi. Semuanya bisa Anda dapatkan dari ikan dan telur. Seperti yang kita ketahui, telur mengandung banyak nutrisi yang baik untuk tubuh.

Di antaranya vitamin D yang baik untuk pembentukan tulang bayi, dan juga mengandung DHA yang sangat baik untuk perkembangan saraf bayi. Begitu juga dengan ikan, selain mengandung DHA dan kandungan protein yang tinggi, juga dapat mengurangi stres pada ibu menyusui.

2. Produk Susu Rendah Lemak
Saat ini banyak produk susu yang dijual untuk ibu menyusui. Susu dapat menguatkan dan membantu pertumbuhan tulang bayi, karena susu mengandung vitamin D dan kalsium yang baik. Tapi pilihlah produk susu rendah lemak.

Itulah beberapa jenis makanan yang dianjurkan untuk ibu menyusui. Perbanyak konsumsi makanan yang mengandung vitamin dan mineral yang dibutuhkan saat menyusui.

3. Gandum Utuh dan Beras Merah
Ibu menyusui membutuhkan karbohidrat untuk energi selama menyusui. Selain nasi putih dan roti, sesekali ganti menu karbohidrat Anda dengan gandum utuh dan nasi merah. Selain mengandung karbohidrat, kedua bahan ini juga mengandung asam folat dan serat yang tinggi, yang sangat bermanfaat bagi ibu dan bayi.

4. Buah dan Sayuran
Serat yang terkandung dalam buah dan sayur sangat baik untuk sistem pencernaan ibu menyusui. Pasalnya, pada umumnya ibu menyusui mengalami sembelit setelah melahirkan. Mengatasi hal tersebut adalah dengan mengkonsumsi buah dan sayur. Namun perhatikan buah dan sayuran Anda, hindari yang mengandung pestisida.

Related : Makanan Yang Sesuai Buat Ibu Menyusui