4 Tips Agar Si Kecil Tidur Nyenyak Supaya Bayi Sehat

Advertisement

JURAGANKATA.COM - Bayi yang sehat tentu menjadi dambaan setiap orang tua, bukan? Anda pasti akan melakukan semua yang Anda bisa untuk menjaga bayi Anda tetap sehat, bahkan jika itu berarti mengorbankan diri Anda sendiri. Sebenarnya, menjaga kesehatan bayi Anda itu mudah.

Salah satunya menjaga kualitas tidur. Ajak si kecil tidur nyenyak dengan cara berikut agar lebih sehat!

1. Beri Makan Atau Beri Susu Sebelum Tidur
Cara lain yang lebih baik untuk membuat bayi Anda tidur nyenyak adalah dengan memberi makan atau menyusui sebelum tidur. Ketahuilah, bayi sering terbangun di malam hari karena lapar. Anda bisa mengantisipasinya dengan memberinya makanan tambahan sebelum ia tidur agar tidurnya tidak terganggu. Bayi juga tidak mudah terganggu oleh suara saat kenyang.

2. Tetapkan Pola Tidur Anak
Agar si kecil dapat tidur dengan nyenyak namun juga tetap sehat, Anda perlu menyesuaikan pola tidurnya. Ketahuilah bahwa bayi di bawah 4 bulan memiliki jam tidur yang tidak diatur. Namun, untuk bayi yang lebih besar, bisa seperti ini. Hal ini karena otak bayi pada usia ini sudah bisa mengenali kapan siang dan kapan malam.

Anda bisa mengatur pola tidur si kecil dengan tidur siang dan tidur di malam hari. Untuk tidur siang, tidak butuh waktu lama. Cukup 2-3 jam dan bangun saat waktunya makan. Adapun waktu malam lebih lama. Namun Anda juga perlu menyiapkan makanan atau susu untuk menopang perut Anda.

3. Mandikan Bayi Dengan Air Hangat
Salah satu cara paling sukses untuk membuat bayi tidur nyenyak adalah dengan memandikannya dengan air hangat. Namun, harus dipadukan dengan pijatan yang lembut dan penuh kasih sayang, ya! Air hangat dan pijatan lembut ini akan memberikan efek nyaman pada si kecil sehingga bisa tidur lebih nyenyak saat tidur.

4. Berikan Wewangian Alami
Memberikan wewangian alami juga bisa menjadi kunci untuk membuat si kecil tidur dengan nyenyak dan damai sehingga bisa memiliki bayi yang sehat. Cukup harumkan seperti minyak wangi lavender, taruh di tisu, dan letakkan di dekat tempat tidur. Seperti yang Anda ketahui, minyak alami seperti ini dapat memberikan efek relaksasi.

Selain itu, diketahui juga bahwa wewangian alami seperti ini dapat memberikan rasa cemas dan membuat tidur lebih nyenyak. Hanya saja, cara ini tidak disarankan untuk diterapkan pada bayi di bawah 6 bulan, ya! Bayi pada usia itu belum membutuhkannya karena mereka memiliki jam tidurnya sendiri!

Itulah beberapa tips yang bisa Anda terapkan agar si kecil tidur nyenyak dan bayinya sehat. Meski dianggap sepele, tidur yang cukup juga mempengaruhi tumbuh kembang si kecil. Karena itu, beri tahu mereka untuk cukup tidur. Jika Anda membutuhkan saran ibu dan anak lainnya, Anda bisa mengunjungi ibudanbalita.com untuk informasi menarik lainnya.

Tags :

Related : 4 Tips Agar Si Kecil Tidur Nyenyak Supaya Bayi Sehat